Timer Shutdown Windows XP, 7, 8

Diartikel kali ini saya akan membahas bagaimana mengatur timer shutdown atau hitung mundur untuk mematikan komputer / laptop secara otomatis. Menurut saya fitur timer shutdown ini sangatlah berguna. Karena seringkali saya memutar musik sebagai pengantar tidur. Jika tanpa fitur ini tentu komputer / laptop akan menyala sampai pagi. Selain mengakibatkan pemborosan mungkin saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti overheat hingga muncul pesan bluescreen, Mengatur timer shutdown pada Windows XP, 7 ataupun 8 sangatlah mudah. Misal saya akan mengatur supaya komputer / laptop harus mati dalam 1 jam kedepan, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Ketik "shutdown.exe -s -t 3600" pada menu "Run" ataupun "CommandPrompt" ( pilih salah satu )
Keterangan
s: shutdown
t: waktu
3600: 3600 detik
Akan muncul notitifikasi berikut
Nah bagaimana jika ingin membatalkan perintah shutdown ini? Caranya sangat mudah, yaitu kamu hanya perlu mengetik "shutdown.exe -a" pada menu "Run" maupun "CommandPrompt" ( pilih salah satu ).
Kemudian akan muncul notifikasi sebagai berikut

Sekian mudah-mudahan bermanfaat, jangan lupa subscribe channel Youtube saya dan pastinya pantengin terus @alfanzed.
SALAM KEREN!

Post a Comment

0 Comments