Cara Mengetahui Versi .NET Framework Yang Terinstall Di Komputer

Microsoft .NET Framework atau lebih dikenal dengan singkatan dot net merupakan sebuah software kerangka kerja yang berjalan pada OS Windows. Umumnya .NET Framework telah terintegrasi atau sudah satu paket dalam distribusi OS Windows mulai dari Windows Server 2003 dan versi-versi Windows yang lebih baru. Ada beberapa software yang membutuhkan .NET Framework terinstall pada komputer / laptop agar dapat berjalan, misalnya software MegaDownloader yang memerlukan .NET Framework versi 4.0 terinstall pada komputer / laptop. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk memeriksa versi .NET yang terinstall, namun disini saya akan menjelaskan cara yang simpel.

Cara pertama dengan melihat software yang terinstall melalui "Start > Control Panel > Uninstall a program" dalam kasus ini .NET yang terinstall dikomputer saya adalah versi 4.5, tapi sebenarnya dengan cara ini hanya menampilkan .NET yang terinstall manual ( bukan bawaan Windows ).


Cara kedua dengan menggunakan software pihak ketiga ASoft .NET Version Detector yang bisa kamu download disini ( hanya 387KB ). Cara pakainya sangat mudah, karena software ini sifatnya portable maka kamu hanya perlu membuka software ini dan otomatis akan terlihat versi .NET yang terinstall. Versi .NET yang sudah terinstall akan ditandai dengan angka warna putih. Dalam kasus ini .NET yang terinstall di komputer saya adalah versi 2.0 , 3.0 , 3.5 , 4.5



Sekian, semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments